Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro adalah salah satu kampus negeri unggulan yang memiliki sederet prestasi. Universitas Diponegoro menempati urutan ke-5 PTN Terbaik di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings (SIR). Tidak hanya diperhitungkan di pada negeri aja, Kampus yang berada pada kota Semarang ini pula mengoleksi aneka macam prestasi pada kancah internasional loh menjadi model, Universitas Diponegoro menerima peringkat ke-1 dalam program Times Higher Education (THE) Asia Universities Summit 2022 pada kategori THE Datapoints Impact Award. Lalu, dari data QS Asia University Rankings, Universitas Diponegoro berhasil menduduki peringkat 209 pada tahun 2022.

Di tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah khususnya Kota Semarang membutuhkan keberadaan suatu Universitas buat melaksanakan pedagogi tinggi dan pendidikan. Hal tersebut ditujukan untuk membatu pemerintah pada pelaksanaan pembangunan berbagai bidang keliru satunya pendidikan. Di mana di masa itu kampus yang terdapat pada wilayah Jawa tengah serta Yogyakarta hanyalah Universitas Gadjah Mada menjadi Universitas Negeri.

Universitas Diponegoro

Hal tersebut berbanding terbalik menggunakan semakin meningkatnya jumlah lulusan Sekolah Menengah Atas di Jawa Tengah, yang membentuk tidak semua lulusannya bisa tertampung di sekolah tinggi sebab jumlah kampus yg terbatas. Hal terebut sebagai keliru satu landasan terbentuknya Universitas Semarang yang resmi dibuka tanggal 9 Januari 1957. Hingga pada ulang tahun ketiga Universitas Semarang, Ir. Soekarno menjadi Presiden Indonesia saat itu membarui nama menjadi Universitas Diponegoro menjadi bentuk apresiasi terhadap prestasi Universitas Semarang dalam pelatihan pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Keputusan tersebut berlaku semenjak 15 Oktober 1957 yang sekaligus ditetapkan buat tanggal kelahiran Universitas pada mana di tanggal tadi juga bertepatan menggunakan insiden “pertempuran 5 hari” revolusi fisik Kota Semarang. Pemilihan tanggal tadi juga sebagai bentuk Undip meneruskan cita-cita para pendiri bangsa buat mencerdaskan bangsa Indonesia. Sebagai akibatnya Universitas Diponegoro menjadi wujud asal sumbangsih tokoh penerus bangsa atas jujur para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Fakultas

Fakultas Teknik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Kedokteran
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Fakultas Hukum
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas Psikologi
Fakultas Peternakan dan Pertanian
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Sains dan Matematika
Fakultas Sekolah Vokasi
Fakultas Pasca Sarjana