Peringatan HUT RI ke-77 di Rusia Dibuka dengan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa

Peringatan HUT RI ke-77 di Rusia Dibuka dengan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa

Dikutip dari kemendikbud – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Federasi Rusia, para mahasiswa yg tergabung pada Perhimpunan Mahasiswa Indonesia pada Rusia (Permira) menyelenggarakan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia tahun 2022. Di ajang ini, Mohamad Herlin Idris, mahasiswa studi S2 Bidang New Material and Additive Technology di Peter The Great St. Petersburg Polytechnic University pada St. Petersburg, serta Rosmariani Manalu, mahasiswi S2 Bidang Pariwisata pada Kazan State University, terpilih menjadi pemenang dan dinobatkan menjadi Putra serta Putri Permira Tahun 2022 dalam grand final pemilihan yg digelar pada KBRI Moskow pada Minggu, (17/7).

Duta besar Republik Indonesia (Dubes RI) buat Federasi Rusia merangka Republik Belarus, Jose Tavares memberikan pemilihan Putra-Putri Permira merupakan ajang kompetisi tahunan yang bertujuan buat memberdayakan potensi serta bakat mahasiswa, memupuk semangat kebangsaan serta nasionalisme dan menjadi wadah promosi budaya Indonesia pada negara akreditasi.

“KBRI Moskow akan senantiasa mendukung banyak sekali upaya positif Perhimpunan Mahasiswa Indonesia pada Rusia dalam penyelenggaraan banyak sekali kegiatan yg bisa mengaktualisasikan kiprah aktif mereka menjadi generasi penerus bangsa,” ujar Dubes Jose Tavares di acara penobatan.

Peringatan HUT RI ke-77 di Rusia Dibuka dengan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa

Melalui aktivitas ini, Dubes Jose berharap bisa menemukan sosok mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang berwawasan luas, inspiratif, berbakat, dan mempunyai passion buat menjadi duta pemuda-pemudi Indonesia di Rusia. “Putra-putri yang terpilih ini diharapkan dapat merepsentasikan banyak sekali citra positif Indonesia serta memperkuat jalinan people-to-people contact antara mahasiswa Indonesia menggunakan mahasiswa Rusia dan International Youth Community lainnya pada Rusia,” tuturnya.

Secara spesifik, Dubes Tavares menyampaikan pesan supaya pemenang Putra serta Putri Tahun 2022 yg terpilih mampu menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sebagai teladan bagi rekan-rekan lainnya. ”Putra serta Putri Permira terpilih wajib mampu membuktikan perserverence, mempunyai kualitas dan kapabilitas diri yang “diatas homogen-homogen” baik dalam studi, dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan pribadinya dan senantiasa memacu diri dan terus belajar supaya menjadi insan yg semakin baik bagi bangsa serta negara Indonesia,” pungkas Dubes Tavares.

Ketua umum Permira, Muhamad Zidni Ilman Noor menjelaskan Pemilihan Putra-Putri Permira Tahun 2022 artinya edisi keempat dan kali kedua penyelenggaraan yg dilaksanakan berkolaborasi dengan KBRI Moskow dan Kemendikbudristek RI melalui kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI Moskow.

”Kami berharap kegiatan ini dapat semakin memaksimalkan potensi mahasiswa dimana ketika berada pada luar negeri tidak saja fokus menuntut ilmu namun dapat sebagai paras dalam kenaikan pangkat budaya Indonesia mengingat mahasiswa sehari-harinya bersentuhan pribadi dengan masyarakat, yakni teman pada kampus dan rakyat setempat, khususnya bangsa Rusia,” ujar mahasiswa berasal Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang sedang menempuh pendidikan S1 jurusan hubungan Internasional di Kazan State University.

Proses pemilihan Putra-Putri Permira Tahun 2022 telah dimulai sejak April 2022. Proses seleksi ketat berhasil menyaring 19 orang mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kompetisi pada tahap selanjutnya yaitu pembekalan serta latihan penugasan buat mempersiapkan diri menjadi duta mahasiswa Indonesia yang dapat merepresentasikan banyak sekali citra positif Indonesia dan memperkuat jalinan people-to-people contact dengan mahasiswa Rusia serta international youth community lainnya pada Rusia. Pembekalan yang diberikan oleh para pemateri ahli meliputi public speaking, leadership, content making, personal branding, psikologi/kesehatan mental, dan pandangan hidup kerja.

Pada termin final, pantia berhasil menyaring 12 orang mahasiswa Indonesia yg terdaftar serta berdomisili di aneka macam kota pada Rusia, yaitu Yekaterinburg, St. Petersburg, Rostov on Don, Kazan, Tomsk, Novosibirsk dan Vladivostok.

Semua peserta yg melaju ke termin final selanjutnya mengikuti seleksi grand final pada hadapan para Dewan Juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing, yaitu Ripy Mangkoesoebroto selaku People & Culture Director PT HM Sampoerna, Tbk, Ryan Wiedaryanto selaku News Presenter serta GM News Production Indosiar, Leo Mokodompit selaku Youth Empowerment Practitioner & Senior Consultant on training and CSR, Yoan Clara Teken selaku Medical Doctor/General Practitioner, Runner-Up V Puteri Indonesia Tahun 2020 serta Putri Permira Tahun 2018, dan Adi Nuryanto selaku Atase Pendidikan serta Kebudayaan KBRI Moskow.

Grand Final Pemilihan Putra-Putri Permira Tahun 2022 ditayangkan secara luas melalui YouTube KBRI Moskow dan Instagram Live akun @putraputripermira serta @permiraofficial. Turut menyaksikan program final secara impian adalah para perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia dari semua dunia, serta khalayak umum serta mahasiswa Indonesia pada Rusia.

Usai dinyatakan sebagai Putra Permira 2022, Mohamad Herlin Idris menyatakan rasa bahagianya serta bertekad buat melaksakan tanggung jawab, tak saja selama setahun ke depan namun pula menjalin kolaborasi dengan Putra Putri Permira tahun sebelumnya. “Kita akan berkembang beserta dan berupaya memulihkan serta memberdayakan himpunan alumni Rusia ke depannya,” ujar mahasiswa dari Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, Rosmania menceritakan awal mulanya mengikuti ajang ini. “Awalnya aku deg-degan serta takut, namun sehabis tersebut malam menerima pembekalan berasal KBRI Moskow, saya merasa percaya diri serta seperti mengobrol saja waktu diwawancara dewan juri,” ujar Rosmariani Manalu.

“Sehabis sekarang ditetapkan menjadi Putri Permira 2022, aku merasa senang sekaligus takut menggunakan amanah ini. akan tetapi saya yakinkan diri bahwa aku tidak sendiri dan akan menjalin kerja sama dengan finalis lain, sahabat-sahabat mahasiswa serta jua KBRI dalam aktivitas ke depannya,” celoteh dara dari Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini, Dewan Juri jua menetapkan Tiro Hilarius Turnip dari Sidikalang, Sumatera Utara, mahasiswa S1 Manajemen Southern Federal University Rostov serta Marini Fransiska Wijaya asal Mamuju, Sulawesi Barat, mahasiswi S2 Advertising and Public Relations, Ural Federal University Yekaterinburg menjadi Wakil I Putra serta Putri Permira Tahun 2022. Sedangkan Wakil II Putra serta Putri Permira Tahun 2022 dimenangkan sang Rifki Kusuma Wardana berasal Serang, Banten, mahasiswa S1 korelasi Internasional pada Kazan Federal University serta Jessica Laurentcia asal Jakarta, mahasiswi S2 jurusan Olahraga Tomsk State University.

Selain itu, menjadi pemenang atribut, Rifki Kusuma Wardana, mahasiswa S1 korelasi Internasional Kazan state Univerisity berasal serang, Jawa Barat sebagai content creator pria terbaik serta Sonia Erla Meldora Manullang mahasiswa S1 manajemen di Southern Federal University Rostov dari Sidikalang, Sumatera Utara menjadi content creator terbaik perempuan. Sedangkan Permira daerah Rostov on Don dinobatkan sebagai best supporter terbaik atas penyelenggaraan pemilihan Putra Putri Permira 2022 ini.

Semua pemenang memperoleh piala tetap dan piala bergilir serta Beasiswa Pendidikan Duta akbar RI Moskow. Pemenang dan finalis terpilih nantinya akan menjalankan masa jabatan selama setahun menggunakan banyak sekali penugasan, termasuk mendukung banyak sekali kegiatan diplomasi dan pengembangan kolaborasi ekonomi, pariwisata, budaya dan pendidikan yg diselenggarakan KBRI Moskow.

Selain kegiatan pemilihan Putra-Putri Permira 2022, sepanjang Juli hingga Agustus ini peringatan HUT ke-77 RI yg bertema ”Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih bertenaga” akan diisi KBRI Moskow menggunakan rangkaian pertandingan olahraga, upacara bendera, pentas seni dan budaya Indonesia hingga fashion show wastra Indonesia yang melibatkan partisipasi WNI, Diaspora, Friends of Indonesia dan Korps Diplomatik di Federasi Rusia.

Sesuai data di Maret 2022, tercatat 1342 warga Indonesia yang tinggal serta bekerja menggunakan berbagai profesi pada banyak sekali kota di Federasi Rusia. Sebanyak 548 orang pada antaranya ialah mahasiswa acara S1, S2, serta S3 dominan penerima beasiswa pemerintah Rusia yg belajar pada aneka macam perguruan tinggi di banyak sekali kota pada Federasi Rusia, seperti Moskow, Kazan, St. Petersburg, Yekaterinburg, Novosibirsk, Tomsk, Irkutsk, Vladivostok dan sebagainya.