Penundaan Liga 1 Selama Dua Pekan

Penundaan Liga 1 Selama Dua Pekan

Sehubungan dengan insiden pascapertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (1/10/2022) malam, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan resmi menunda Liga 1 selama dua pekan lewat surat bernomor 583/LIB-KOM/X/2022.

“PT. Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyampaikan pemberitahuan bahwa kompetisi Liga 1 2022/2023 ditunda selama 2 (dua) pekan sampai dengan game week 12 dan perkembangan selanjutnya menunggu kebijakan otoritas Pemerintah melalui PSSI. Selanjutnya, PT LIB akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada klub peserta Liga 1 2022/2023 dan segala perkembangan akan diinformasikan pada kesempatan pertama,” tulis surat https://www.ispcan2018.org/ tersebut.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengatakan penundaan liga akibat insiden tersebut adalah hal yang semestinya dilakukan. Pelatih berkebangsaan Jerman tersebut pun berharap ada peningkatan keamanan selama pertandingan berlangsung kembali.

Penundaan Liga 1 Selama Dua Pekan

“Dengan munculnya keputusan penundaan laga melawan Persib di Bandung dan ditundanya semua laga dalam dua pekan (akibat insiden di Malang), menurut saya itu adalah hal yang sudah semestinya dilakukan. Alangkah baiknya kita bisa menikmati sepak bola ketika keamanan di stadion lebih baik dari sekarang. Alhasil tidak perlu lagi bagi kami untuk menaiki mobil rantis ke stadion” ucap Thomas.

Mempunyai persepsi yang sama, bomber asal Bahrain, Abdulla Yusuf Helal sepakat bahwa sepak bola adalah olahraga yang seharusnya dinikmati oleh semua kalangan.

“Kejadian itu menjadi hari yang menyedihkan untuk kami semua. Saya pikir tidak ada yang senang jika dalam sebuah pertandingan ada yang harus kehilangan nyawa. Sepak bola adalah untuk kesenangan bukan ajang pertaruhan nyawa. Saya pikir penundaan akibat insiden ini adalah sesuatu yang normal,” ujar Yusuf.

Mantan pemain Slavia Praha itu menyebutkan bahwa timnya masih berharap melanjutkan Liga 1 musim 2022/2023.

“Saya harap kami bisa terus melanjutkan liga ini dengan sebagaimana mestinya. Kami selalu akan berada di kondisi siap bertanding dan kami tetap berusaha menjaga performa kami. Kami semua masih ingin mencapai target kami di musim ini,” ucap Yusuf mengakhiri pembicaraan.