Klasemen Liga 1 selepas Derbi Super Jatim

Persebaya Surabaya memberikan isyarat kebangkitan dari situasi terpuruk yang mereka alami dalam beberapa pekan terakhir dengan merebut kemenangan Derbi Super Jatim.

Klasemen Liga 1 selepas Derbi Super Jatim
Persebaya menundukkan Arema FC dengan skor 3-2 dalam laga lanjutan pekan ke-11 Liga 1 Indonesia di kandang rival bebuyutannya itu di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu malam.

Hasil itu memberikan angin segar bagi pawang Bajol Ijo, Aji Santoso, yang berhasil menyudahi tren buruk tiga kekalahan beruntun.

Persebaya bahkan kini menempel ketat posisi Arema di klasemen sementara Liga 1. Persebaya ada di urutan ke-10 dengan 13 poin atau persis di bawah Singo Edan dengan selisih hanya satu poin saja.

Rangkaian pertandingan pekan ke-11 yang berlangsung Sabtu juga diwarnai hasil yang mengubah pemandangan di puncak klasemen sementara Liga 1.

Hal itu terjadi setelah Borneo FC melumat Madura United dengan skor 3-0 di Stadion Segiri, Samarinda, berkat torehan trigol yang dicetak oleh legiun Brazil Matheus Pato.

Meski sama-sama mengoleksi 23 poin, Borneo sukses naik ke puncak menggusur Madura United ke posisi kedua berbekal keunggulan head-to-head sementara antara kedua tim.

Satu pertandingan pekan ke-11 berakhir dengan dua tim promosi Dewa United dan RANS Nusantara berbagi satu poin setelah bermain imbang 2-2 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

Karim Rossi memborong dua gol yang membuat Dewa United bangkit dari ketertinggalan 0-2 lantaran gawang mereka dibobol dwigol Mitsuru Maruoka dalam setengah jam pertama pertandingan.

Derbi Indonesia menu utama

Rangkaian pertandingan pekan ke-11 Liga 1 masih berlanjut pada Minggu (2/10) besok dengan Derbi Indonesia antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta menjadi menu utamanya.

Angin segar kedatangan Luis Milla sebagai arsitek anyar Persib tentu diharapkan bisa berlanjut demi menjaga tren positif Pangeran Biru yang selalu menang di tiga pertandingan terakhir.

Sedangkan kubu Macan Kemayoran tentu tidak mau membiarkan proses adaptasi sejak Thomas Doll tiba di awal musim yang tampak berjalan mulus buyar di tangan rival utamanya.

Persija membawa bekal positif catatan nirkalah dalam sembilan pertandingan terakhir yang bakal mereka pertaruhkan ketika sepak mula Derbi Indonesia berlangsung mulai pukul 16.00 WIB.

Setelah itu jadwal pekan ke-11 akan ditutup dengan PSIS Semarang menjamu Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri mulai pukul 20.30 WIB.

Kedua tim sama-sama memasuki laga itu dengan tekad kembali ke jalur kemenangan. PSIS kalah di penampilan sebelumnya di markas Persita Tangerang, sedangkan Bhayangkara sudah tak merasakan kemenangan dalam empat penampilan terakhir.

Berikut jadwal dan hasil pertandingan pekan ke-11 Liga 1 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Kamis (29/9)

Persis Solo 1 – PSM Makassar 1 (Irfan Jauhari 23′; Kenzo Nambu 44′)
Barito Putera 2 – Persik Kediri 2 (Rafael Silva p-29′, Bagas Kaffa 90+6′; Renan Silva p-45+2′, Rendy Juliansyah 81′)
PSS Sleman 1 – Persita Tangerang 2 (Kim Jeffrey Kurniawan 31′; Wildan Ramdhani 37′, Osas Saha 50′)

Jumat (30/9)

Bali United 1 – Persikabo 1973 2 (Leonard Tupamahu 28′; Tomoki Wada 48′, Dimas Drajad 60′)

Sabtu (1/10)

Borneo FC 3 – Madura United 0 (Matheus Pato 6′, 45+2′, 65′)
Dewa United 2 – RANS Nusantara 2 (Karim Rossi 43′, 49′; Mitsuru Maruoka 14′, 28′)
Arema FC 2 – Persebaya Surabaya 3 (Abel Camara 42′, p-45+2′; Silvio Junior 8′, Leo Lelis 32′, Sho Yamamoto 51′)

Minggu (2/10)

16.00 Persib Bandung vs Persija Jakarta
20.30 PSIS Semarang vs Bhayangkara FC