Klasemen Liga 1 2022 Setelah Persija Bekuk PSS: Thomas Doll Semringah, Potensi Gusur PSM & BU

Klasemen Liga 1 2022 Setelah Persija Bekuk PSS: Thomas Doll Semringah, Potensi Gusur PSM & BU

Klasemen Liga 1 musim 2022-2023 bergerak dinamis setelah laga tunda pekan ke-16 antara tuan rumah PSS Sleman kontra Persija Jakarta bergulir di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (8/1). Pada laga Minggu sore, PSS Sleman takluk dari tim Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta dengan skor 0 – 2. Dua gol Persija Jakarta dicetak Riko Simanjuntak pada menit 81 dan Ginanjar Wahyu menit 89.

Klasemen Liga 1 2022 Setelah Persija Bekuk PSS Thomas Doll Semringah, Potensi Gusur PSM BU

Laga Minggu sore tadi adalah pertandingan lanjutan di Stadion Manahan, Solo, Jumat (23/12/2022) lalu yang terpaksa dihentikan pada menit ke-47 akibat lapangan tergenang air setelah hujan deras mengguyur Surakarta dan sekitarnya. Kemenangan ini ikut mengatrol peringkat Persija Jakarta di klasemen sementara Liga 1 musim 2022 – 2023. Persija Jakarta kini merangkat ke peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 dengan 32 poin, hasil dari sembilan kemenangan, lima kali seri dan dua kali kalah.

Pasukan Thomas Doll berpotensi menjadi juara paruh musim lantaran masih menyisakan laga terakhir putaran pertama menghadapi Persib Bandung. Persija bakal mengoleksi 35 poin seandainya mengalahkan Persib Bandung, menggusur PSM dan Bali United (BU) yang kini berada di peringkat pertama dan kedua. Namun, syaratnya pada laga terakhir PSM kalah dari Barito Putera.

Kalau PSM Makassar menang melawan Barito Putera, posisi Pasukan Ramang tak goyah di posisi puncak dengan mengoleksi 36 poin. Namun, seandainya Persija menang melawan Persib dan PSM unggul kontra Barito, maka Macan Kemayoran hanya berpeluang menggusur Bali United di peringkat kedua lantaran Serdadu Tridatu telah memainkan 17 laga.

Persija bakal turun ke peringkat kelima seandainya pada laga terakhir kalah dari Persib Bandung. Bagaimana dengan Persib Bandung? Pasukan Luis Milla berpotensi merangkak ke posisi lima besar seandainya mengalahkan Persija pada laga tunda pekan ke-17 melawan Persija. Persib Bandung bakal menempati peringkat keempat dengan 33 poin, sama seperti Bali United dan Madura United. Pangeran Biru gagal menduduki posisi runner up atau ketiga meski menang melawan Persija lantaran kalah head to head dengan Bali United dan Madura United.

Persib bakal tetap berada di peringkat keenam dengan 30 poin seandainya kalah dari Persija Jakarta. PSS Sleman di lain sisi tertahan di peringkat ke-15 satu setrip di atas zona degradasi dengan 16 poin, hasil dari empat kali menang, empat kali seri dan sembilan kali kalah. “Saya memuji para pemain karena sebetulnya tidak mudah bermain di laga tunda ini.

Sebab, kami harus memulainya dengan tendangan sudut,” ujar pelatih Persija Thomas Doll dilansir dari laman klub. Thomas Doll semringah lantaran anak asuhnya mendominasi jalannya pertandingan dan membuat banyak peluang untuk menjadi gol. “Saya senang dengan penampilan Riko dan Ginanjar. Awal yang baik untuk tahun 2023,” papar Thomas Doll. Klasemen Liga 1 bakal kembali bergerak lantaran Senin besok ada pertandingan tunda antara PSIS Semarang kontra Bhayangkara FC. Menarik ditunggu.