Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak sedikit orang yang mempertanyakan kenapa TikTok tidak bisa dibuka. Masalah ini terbilang umum terjadi, tetapi tak banyak yang tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Seperti yang diketahui, TikTok merupakan aplikasi video musik singkat yang menawarkan berbagai konten menghibur hingga edukatif bagi setiap penggunanya.

Berbagai konten yang tersaji di dalamnya tak jarang membuat aplikasi ini digemari untuk mengisi waktu luang. Keseruan di dalamnya seketika akan berubah saat mendapati aplikasi tersebut tak bisa dibuka.

Bagi kamu yang tengah mengalami hal serupa, simak penyebab dan cara mengatasi TikTok tidak bisa dibuka di bawah ini.

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka?

Tak dimungkiri, eksistensi TikTok terus berkembang dan menumbuhkan banyak peminat. Selain konten yang menarik, TikTok juga mudah digunakan.

Sama dengan aplikasi kebanyakan, TikTok tak luput dari error saat aplikasi dijalankan. Termasuk saat pengguna tak bisa membuka aplikasi yang dirilis pada 2016 itu.

Mengutip https://www.ispcan2018.org/ , terdapat beberapa pemicu kenapa TikTok tidak bisa dibuka secara tiba-tiba. Di antaranya jaringan Internet yang tak stabil, memori ponsel penuh, aplikasi belum dimutakhirkan (update) ke versi terbaru, singgahan atau cache HP penuh, hingga adanya gangguan pada server. Berikut penjelasannya masing-masing:

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jaringan Internet yang tak stabil

Internet menjadi unsur utama untuk menjalankan sebagian besar aplikasi, termasuk TikTok. Jaringan Internet yang buruk dapat mengakibatkan aplikasi TikTok tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa berpindah ke tempat lain yang memiliki kualitas jaringan Internet lebih baik.

Memori ponsel penuh

Selain Internet, pemicu TikTok tak bisa dibuka, yaitu memori ponsel penuh sehingga TikTok keluar dengan sendirinya saat dijalankan.

Seperti aplikasi pada umumnya, TikTok memerlukan ruangan yang cukup untuk menjalankan sistem aplikasi. Agar hal ini tak terjadi, kamu bisa menghapus beberapa file di ponsel yang tak terpakai. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan TikTok tanpa kendala berarti.

Aplikasi belum dimutakhirkan ke versi terbaru

TikTok yang tak bisa dibuka juga bisa dipicu oleh belum dimutakhirkannya aplikasi ke versi terbaru. Oleh karena itu, pastikan TikTok telah mendapatkan pembaruan agar bisa dijalankan dengan optimal.

Cache HP penuh

Jika kamu sering membuka aplikasi TikTok ataupun aplikasi lainnya, secara otomatis cache aplikasi tersebut akan menumpuk di ponsel.

Akibatnya, memori ponsel akan penuh sehingga beberapa aplikasi tak bisa dibuka. Untuk itu, membersihkan cache aplikasi secara berkala perlu untuk dilakukan. Dengan begitu, aplikasi tetap dapat dioperasikan.

Terjadi gangguan pada server

Server down terjadi karena adanya penggunaan aplikasi yang sibuk atau penggunaan jaringan Internet yang padat. Hal itu dapat menyebabkan pengguna TikTok tidak dapat membuka atau mengaksesnya dengan normal seperti pada keadaan sebelumnya.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui penyebab kenapa TikTok tidak bisa dibuka, simak solusinya yang dihimpun dari laman Android Authority berikut ini.

Cek koneksi Internet

Agar TikTok dapat dibuka, cek koneksi Internet yang digunakan. Jika sebelumnya kamu menggunakan Wi-Fi, coba ubah koneksi Internet menggunakan data seluler. Pun demikian sebaliknya. Pastikan jaringan Internet dalam kondisi stabil.

Restart aplikasi

Selain mengubah koneksi Internet, kamu juga bisa memulai ulang (restart) aplikasi TikTok. Tak hanya itu, pastikan kamu juga menutup aplikasi sepenuhnya sebelum meluncurkannya kembali.

Cek pembaruan aplikasi

Memperbarui aplikasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini. Bagi pengguna Android, mengecek pembaruan aplikasi Tiktok dapat dilakukan melalui Play Store di menu ‘Manage app and device’. Setelah itu, pilih ‘Updates available. Gulir hingga kamu menemukan TikTok di daftar tersebut. Jika kamu tak mendapati TikTok di deretan pembaruan tersebut, berarti TikTok belum memiliki versi terbaru untuk diperbarui.
Sementara itu, bagi penguna iOS, pembaruan aplikasi TikTok dapat dilakukan melalui App Store. Kamu cukup mengetikkan ‘TikTok’ pada bilah pencarian. Apabila muncul tulisan ‘To update’, kamu harus memperbaruinya.

Bersihkan data cache aplikasi

Alternatif selanjutnya untuk mencegah TikTok tak bisa dibuka, yakni dengan membersihkan data aplikasi. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Ketuk ‘Profile’ di pojok kanan bawah.
  • Lalu, ketuk tiga garis di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi ‘Settings and Privacy’.
  • Gulir hingga kamu menemukan opsi ‘free up space’ dan ketuk ‘Clear’ di samping tulisan ‘Cache’.
  • Selesai.

Pastikan kondisi server baik

Terakhir, kamu bisa memastikan kondisi server apakah sedang dalam kondisi down atau tidak. Kamu bisa mengunjungi situs seperti DownDetector untuk mengetahui masalah pada server.
Itulah penjelasan singkat tentang kenapa TikTok tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat!