Kabar Gembira dari YouTube, Raffi-Nagita Bisa Tambah Kaya

Kabar Gembira dari YouTube, Raffi-Nagita Bisa Tambah Kaya

Jakarta – Para youtuber, seperti pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, dapat berita gembira. Pasalnya mereka bisa mendapatkan penghasilan iklan dari konten vertikal Youtube Shorts.

Pendapatan itu bisa dinikmati mulai 1 Februari 2023 mendatang. Artinya para youtuber dapat penghasilan bukan hanya dari video horizontal namun juga dapat tambahan dari unggahan video Shorts.

Kabar https://www.ispcan2018.org/ tersebut menyusul janji Youtube pada September lalu. Kalah itu, perusahaan menyatakan monetisasi Short tengah diproses.

Pendapatan baru ini adalah salah satu pembaruan pada Youtube Partner Program. Kebijakan akan mewajibkan youtuber menyetujui persyaratan perjanjian baru, dari yang ingin dapat uang dari Shorts maupun tidak.

Sebelumnya, youtuber mendapatkan uang dari Shorts dengan fitur seperti Super Chat dan integrasi belanja. Selain itu pendanaan pada kreator yang juga telah disiapkan oleh Youtube.

Kabar Gembira dari YouTube, Raffi-Nagita Bisa Tambah Kaya

Cara menghasilkan uang itu mirip sepert dengan pemberian gift maupun komisi penjualan yang dilakukan di Tiktok.

Pendapatan baru ini adalah salah satu pembaruan pada Youtube Partner Program. Kebijakan akan mewajibkan youtuber menyetujui persyaratan perjanjian baru, dari yang ingin dapat uang dari Shorts maupun tidak.

Monetisasi Shorts ini disebut bersifat opsional. Youtube mengatakan pembuat konten bisa memilih untuk tidak mengikuti program ini jika mereka tak mengingingkannya.

Youtube akan memperkenalkan sistem persyaratan program mitra. Jadi tiap kreator harus menandatangani perjanjian dasar untuk menentukan konten apa yang diunggah dan cara kerja pembayaran.

Syarat dan Ketentuan

Para kreator akan dikasih waktu hingga 10 Juli 2023 untuk menerima persyaratan itu. Jika tidak maka kemampuan menghasilkan uang atau monetisasi di kanal mereka akan dimatikan. Kreator juga harus mengajukan permohonan kembali dalam program tersebut.

Youtube juga menyediakan perjanjian tambahan untuk monetisasi Watch Page dan Shorts. Perjanjian yang disetujui terpisah itu akan tersedia pada 1 Februari 2023.

Sebagai informasi, perjanjian untuk Shorts berisi persyaratan mendapatkan pendapatan dari video pendek itu. Sementara perjanjian Watch Page terkait siaran langsung (livestream) video durasi panjang, Youtube Music dan Youtube Kids.

Selain itu ada tambahan pada produk komersial. Mulai dari keanggotaan (membership), Super Chat, Super Stickers, dan Super Thanks. Youtube menambahkan kreator tak perlu menyetujuinya kembali jika telah mengaktifkan pada kanal mereka.

Menurut YouTube, konsep ini akan memungkinkan kreator menambah peluang monetisasi baru di masa mendatang. Namun mereka tidak perlu memperbarui atau mengubah seluruh perjanjian monetisasi. YouTube juga mengatakan bahwa kreator dapat memilih keluar dari model monetisasi tertentu setelah mendaftar.

Sebelumnya, YouTube Partner Program dapat diikuti dengan kreator mengumpulkan 4.000 jam durasi tontonan (watch hours) secara publik selama 12 bulan. Berikutnya pada Oktober 2022, metriknya digabungkan dengan watch hours dari Shorts.

Namun konsep itu diubah pada Januari 2023. Kreator diharuskan mendapat 4.000 public watch hours untuk konten non-Shorts, atau 10 juta views pada Shorts dalam waktu 90 hari. Selain itu terdapat opsi lain yakni kreator harus punya setidaknya 1000 subscribers untuk mengikuti program tersebut.