Jadwal Persib vs Persija Berubah, Alasan Keamanan

Jadwal Persib vs Persija Berubah, Alasan Keamanan

Jakarta — Polda Jawa Barat memastikan jadwal pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) mengalami perubahan.

Mulanya laga Persib vs Persija digelar pada Minggu (2/10) pada pukul 20:00 WIB. Akan berdasarkan kesepakatan antara Polda Jabar dan panitia penyelenggara (panpel) Persib, pertandingan tersebut dimajukan pukul 15.30 WIB.

Menurut pihak kepolisian faktor keamanan jadi alasan polisi menggeser kickoff pertandingan itu dari malam jadi sore hari.

Jadwal Persib vs Persija Berubah, Alasan Keamanan

“Ya, jadi akan main sore hari,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Senin (26/9).

Menurut Ibrahim jika laga digelar sore hari, kepolisian bisa lebih mudah memantau pergerakan suporter yang hadir di Stadion GBLA nanti. Dengan begitu kepolisian bisa mengantisipasi apabila muncul hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau sore hari selain terlihat penonton, mudah terpantau juga. Pada saat kembali malam itu juga biasanya cepat untuk bubar,” ujar Ibrahim.

“Ini sangat menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan pengamanan dan pelaksanaan dengan aman dan damai atau tidak terjadi permasalahan kamtibmas. Sehingga diputuskan secara bersama lebih bagus menggunakan waktu untuk pertandingan sore hari itu,” ucap Ibrahim menambahkan https://www.ispcan2018.org/.

Ibrahim mengatakan dalam pengamanan laga tersebut pihaknya bakal kembali menerapkan pola ring. Di mana pada saat melewati ring-ring tersebut, penonton yang memiliki tiket akan diseleksi masuk ke dalam stadion.

“Kita sudah mempersiapkan pengamanan dan persiapkan ribuan personel dan juga peralatan. Kita juga mempergunakan pola sistem berlapis,” tutur Ibrahim.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan panitia, lanjut Ibrahim, untuk pembelian tiket penonton sudah diputuskan hanya untuk pendukung dari Persib saja.

“Untuk pendukung Persija sendiri tidak diberi kesempatan ke GBLA. Ini pertimbangannya keamanan. Jadi, memang kita berimbang dengan panitia akhirnya diputus dengan panitia tidak menghadirkan pendukung dari Persija,” kata Ibrahim.