Google Translate Dipakai buat Bantu Kerjaan? Perhatikan dulu Hal Ini

Google Translate Dipakai buat Bantu Kerjaan Perhatikan dulu Hal Ini

Jakarta – Google translate atau google terjemahan adalah layanan yang disediakan google untuk menerjemahkan bahasa bagi para pengguna internet. Tak heran dengan adanya layanan google translate, bisa mempermudah kegiatan manusia, seperti halnya dalam mengurus berbagai pekerjaan agar lebih mudah.

Misalnya, membantu untuk membuat contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, membantu membuat kalimat pakai bahasa Inggris untuk curriculum vitae (CV), serta resume.
Google Translate Dipakai buat Bantu Kerjaan Perhatikan dulu Hal Ini
Selain itu, google translate juga biasanya dipakai untuk menerjemahkan dokumen bahasa asing, membantu kita mengetahui dan menjawab kata asing dari berbagai bahasa, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, google translate adalah alat yang berguna bila digunakan untuk tugas yang tepat.

Fungsi Luar Biasa Google Translate

Google translate adalah alat yang luar biasa, karena cepat, mudah digunakan, bahkan sekarang bisa tersedia untuk penggunaan offline.

Dikutip https://www.ispcan2018.org/ dari laman maxsuntranslation, Rabu (15/6/2022), berikut adalah fungsi google luar biasa dari translate:

– Sarana untuk menerjemahkan berbagai teks, media, hingga ucapan

– Bisa mengkonversi gambar dan tulisan tangan menggunakan sambungan atau koneksi kamera

– Kompatibilitas dengan lebih dari 104 bahasa

-Bisa menjadi penyimpanan bahasa offline.

Tapi, perlu diingat ya detikers, kalau google translate adalah perangkat lunak terjemahan otomatis, yang tidak dapat menyampaikan semua nuansa dan makna dengan baik dalam bahasa yang akan dilakukan oleh penerjemah manusia. Artinya, google translate tidak selalu menghasilkan terjemahan yang sangat baik.

Jadi, kita harus tahu dan melihat kapan kita bisa menggunakan google translate dan kapan kita tidak boleh menggunakan google translate.

Kapan Untuk Menggunakan Google Translate?

Google translate sangat berguna sebagai alat terjemahan cepat, tapi yang tidak perlu sempurna. Jika, kamu ingin menerjemahkan sepotong teks untuk melihat arti apa yang tertulis dalam bahasa kamu sendiri, google translate akan menerjemahkan dengan cukup baik. Sehingga, kamu bisa mengetahui dan menyatukan makna umum dari teks tersebut. Demikian dikutip laman Argo Translation, Rabu (15/6/2022),

Pada dasarnya, google translate bekerja dalam keadaan darurat dan dapat memberikan perkiraan terjemahan untuk siapa pun, namun jelas tidak sebaik menjadi terjemahan yang sempurna.

Karena sejatinya, tidak ada yang sebanding dengan menggunakan penerjemah manusia, terutama untuk tugas-tugas penting seperti menerjemahkan situs web, menerjemahkan dokumen formal untuk pekerjaan dan lain-lain.

Meskipun google translate dapat menghemat waktu untuk para turis di negara asing dengan penggunaan pribadi, agar tidak perlu menggunakan jasa penerjemah (dalam hal ini manusia). Sehingga, bisa lebih cepat dan murah karena tidak perlu membayar jasa lagi.

Meskipun google translate gratis dan mudah digunakan, tapi sangat terbatas karena didasarkan pada desain algoritme sistem. Jadi, walaupun kita bisa pakai google translate, tapi perlu juga menggunakan alternatif terbaik lainnya ya untuk konversi bahasa. Apalagi kalau kamu mau melamar pekerjaan pakai bahasa Inggris, jadi bahasanya harus yang baik dan benar dong!