Gagal Pertahankan Puncak Klasemen Liga 1, Borneo FC ‘Bubarkan’ Skuad

Borneo FC mengakhiri putaran pertama Liga 1 2022 dengan tempati peringkat keempat klasemen sementara. Pesut Etam gagal pertahankan posisi puncak.

Hasil imbang 1-1 saat bertemu PSM Makassar dipekan ke-17 membuat Borneo FC lengser dari puncak klasemen sementara.

Gagal Pertahankan Puncak Klasemen Liga 1, Borneo FC 'Bubarkan' Skuad

Tim asal Samarinda, Kalimantan Timur itu mendulang angka 32. Namun posisi tersebut masih rentan tergeser, karena Persib Bandung (30) dan Persija Jakarta (29) masih menyisakan satu pertandingan.

Terlepas dari hasil tersebut dan Borneo FC tetap ‘memanjakan’ pemain dengan beri jatah libur sejak usai laga melawan PSM Makassar, empat hari lalu. Tim diliburkan sementara waktu hingga 4 Januari mendatang.

Keputusan meliburkan pemain diambil manajemen dan pelatih, mengingat jadwal putaran kedua baru dilaksanakan pekan kedua Januari 2023.

Baca Juga Ngeri! Begini Reaksi Nabil Husein usai Borneo FC Gagal Bekuk Rans Nusantara di Liga 1
Asisten manajer Borneo FC, Farid Abubakar menjelaskan, libur diberikan agar pemain bisa berjumpa keluarga. Beberapa pemain juga harus rayakan natal, jadi libur adalah pilihan tepat.

“Selain itu ada beberapa pemain yang merayakan Natal. Jadi mereka pulang ke daerah masing-masing untuk bertemu keluarga dan merayakan Natal,” ujar Farid.

Baca Juga Ini Alasan Luis Milla Pasang Bek Naturalisasi sebagai Striker di Pekan 17 Liga 1
Menurut Farid, libur selama satu pekan lebih sudah tepat. Jika putaran kedua Liga 1 2022 dilaksanakan 14 Januari, artinya pemain masih punya kesempatan latihan bersama selama 10 hari.

“Sudah pasti fokus pelatih saat berkumpul nanti adalah melakukan evaluasi dari hasil putaran pertama.

“Kalau pemain mengalami penurunan fisik, maka akan membuang waktu untuk mematangkan teknik dan strategi bermain. Itulah sebabnya, pemain diminta tetap menjaga kondisinya,” kata Farid.

Persaingan Putaran Kedua Liga 1 Ketat

Persaingan di putaran kedua dinilai lebih ketat. Sebab, jarak poin antara satu tim dengan tim lain sangat mepet, terutama tim yang berada di posisi atas yakni PSM Makassar, hingga Persita Tangerang di peringkat 8 saat ini.

Artinya tim yang lengah di putaran kedua, akan kehilangan kesempatan menjadi juara.

“Jadi kami pikir persiapan selama 10 hari jelang putaran kedua harus dimaksimalkan dengan baik. Sebab demi target besar kami, yakni berada di jajaran papan atas dan mengintip peluang juara,” tegas Farid.

Saat ini, Borneo FC berada diposisi empat klasemen sementara dengan 32 poin dari hasil sembilan kali menang, lima seri dan tiga kalah.