Anak Buah Airlangga Bocorkan Isi Visi Indonesia Maju 2045

Anak Buah Airlangga Bocorkan Isi Visi Indonesia Maju 2045

Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin, mengatakan bahwa transformasi digit adalah kunci utama dalam mencapai visi Indonesia maju 2045.

Menurutnya, akselerasi transformasi digital membuat ekonomi digital muncul sebagai kekuatan baru bagi perekonomian nasional.

Anak Buah Airlangga Bocorkan Isi Visi Indonesia Maju 2045

“Diperkirakan akan mencapai sekitar 18% dari PDB pada tahun 2030,” ujarnya dalam acara bertajuk Advancing Digital Economy And Finance: Government And Industry Strategy On Digitalization, Jumat (15/7/2022).

Kemudian, mulai tahun 2024, pengembangan ekonomi digital ditargetkan untuk menciptakan 2,5 juta lapangan kerja baru dan melibatkan 30 juta UMKM yang tergabung dalam ekosistem ekonomi digital.

Kementerian dan lembaga telah merencanakan dan melaksanakan program dan kebijakan, seperti strategi nasional keamanan siber dari BSSN, mewujudkan Indonesia 4.0 dari Kementerian Perindustrian, dan lainnya, termasuk Bank Indonesia yang memiliki blueprint sistem pembayaran 2025.

Menurutnya, meskipun sudah banyak program yang dijalankan, belum ada arahan strategis dan implementasi yang terkoordinasi antara kementerian dan lembaga tersebut.

“Karenanya, kementerian kami berinisiatif membuat strategi Ekonomi Digital Nasional 2030. Jadi saat ini, masih dalam mempersiapkan strategi itu sendiri,” ujarnya.

Inisiatif itu terdiri dari tiga strategi utama yaitu mempercepat digitalisasi sektor ekonomi, menciptakan peluang ekonomi digital yang beragam dan merata. Kemudian yang terakhir adalah mendorong dan memperkuat koordinasi lintas pemangku kepentingan.

Ia menginginkan bisa mulai implementasi strategi nasional tersebut tahun depan. “Semoga dapat menjadi payung bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menjalankan seluruh implementasi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia.” pungkasnya https://www.ispcan2018.org/.