5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Redakan Nyeri

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Redakan Nyeri

Sakit gigi kerap kali tak tertahankan. Agar sakit gigi yang datang tiba-tiba dapat berkurang bahkan mereda, Anda dapat mencoba obat sakit gigi alami untuk bantu meredakan nyerinya.

Sakit gigi umumnya terjadi karena ada masalah pada gigi dan mulut sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat dan konstan.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena gigi berlubang, gigi retak, masalah pada gusi misalnya radang, infeksi bakteri, dan sebagainya.

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Redakan Nyeri

Pulpa yang terdapat di dalam gigi merupakan bagian lunak yang berisi saraf, jaringan, serta pembuluh darah. Bagian saraf pada pulpa termasuk bagian yang paling sensitif dari tubuh kita.

Saat saraf ini mengalami infeksi atau iritasi bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan obat sakit gigi alami berikut ini.

Obat Sakit Gigi Alami yang Ada di Rumah

Ketika mengalami sakit gigi, Anda bisa pergi ke apotek atau menjadwalkan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang benar.

Tetapi, jika gejala yang Anda alami datang tiba-tiba dan Anda tak sempat untuk keluar rumah, Anda bisa menggunakan salah satu obat sakit gigi alami berikut untuk membantu meringankan rasa nyeri dengan sementara.

1. Air garam

Jika Anda belum sempat pergi ke dokter gigi, cara meredakan sakit gigi yang efektif untuk penanganan tercepat adalah dengan memanfaatkan air garam untuk berkumur. Anda bisa mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Lalu gunakan campuran larutan garam ini untuk berkumur beberapa saat. Setelah itu gunakan benang gigi dengan perlahan di sekitar gigi yang sakit untuk membuang sisa makanan yang mungkin terselip di daerah tersebut.

2. Kompres dingin

Anda juga bisa menggunakan kompres dingin sebagai obat sakit gigi yang alami. Caranya cukup dengan menempelkan kompres dingin di area pipi untuk meredakan atau meringankan nyeri akibat sakit gigi.

Kompres dingin ini sangat tepat digunakan saat Anda mengalami gusi bengkak akibat sakit gigi. Pembengkakan ini bisa merupakan gejala dari kotoran, nanah, atau abses yang terdapat di akar gigi.

Biasanya kondisi seperti ini akan disertai dengan gejala gusi merah dan demam.

3. Menggunakan es batu

Sama seperti kompres dingin, es batu juga merupakan obat sakit gigi alami yang tidak boleh diabaikan manfaatnya. Kompres es batu membantu menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi rasa sakit.

Es batu juga mengurangi pembengkakan dan peradangan. Anda bisa gosokkan dan kompres area yang sakit dengan menggunakan es batu selama kurang lebih 10 menit untuk membantu meredakan nyerinya.

4. Lemon

Rasa asam pada buah lemon cukup efektif untuk mengobati sakit gigi Anda. Lemon menjadi salah satu bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Antiseptik dan antibakteri yang terdapat pada lemon dipercaya mampu mengurangi rasa sakit pada gigi. Gunakan perasan buah lemon dan campurkan dengan sedikit air, lalu tempelkan larutan tersebut ke gigi yang sakit dengan menggunakan kapas.

5. Bawang putih

Obat sakit gigi alami yang ada di dapur yang bisa Anda manfaatkan adalah bawang putih. Bawang putih ketika dipotong mengeluarkan senyawa allicin yang bersifat antibakteri.

Senyawa ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi, https://www.ispcan2018.org/ mengutip Healthline.

Ambil sebutir bawang putih segar, potong menjadi beberapa bagian kemudian letakkan potongannya di area gigi yang sakit. Anda juga bisa mencobanya dengan cara lain yaitu dengan mengunyah bawang putih tersebut.